Fungsi IF Excel 2010 Cara Buat Lulus dan Tidak Lulus

Posted on

artikelguru.com– Salam Sejahtera bagi kita semua sahabat pendidik dimanapun berada. Pada artikel kali ini kita belajar Fungsi IF pada Excel 2010. Sebelum kita belajar Fungsi IF maka kita harus mengetahui dulu apa itu Fungsi IF pada excel. Fungsi IF bisa juga membuat perbandingan logis antara nilai dan perkiraan. Fungsi IF atau yang sering juga diartikan “jika”, berfungsi untuk mengecek suatu kondisi tertentu. Apabila kondisi terpenuhi maka fungsi akan mengambil suatu nilai, dan sebaliknya apabila kondisi tersebut tidak terpenuhi maka akan diambil nilai yang lain. dengan kata lain, fungsi IF atau IF function juga bisa disebut fungsi syarat.

Jika suatu nilai mempunyai syarat dan dapat bernilai benar apabila syarat terpenuhi serta bernilai salah jika syarat tidak terpenuhi. Semangat Belajar terus berkreasi dengan belajar efektif pasti bisa mari kita belajar

Fungsi IF Pada Excel 2010

funsi if pada excel
fungsi if pada excel

Pengertian Dasar
Menjalankan tes logika dan mengembalikan satu nilai untuk hasil yang BENAR, dan nilai lainnya untuk hasil yang SALAH. Misalnya, untuk “Lulus” skor di atas 75 maka rumusnya =IF(B2 >=75; “Lulus”;”Tidak Lulus”). Lebih dari satu kondisi dapat diuji dengan menumpuk fungsi IF. IF function dapat dikombinasikan dengan fungsi logika seperti AND dan OR untuk memperluas pengujian logika.

Tujuan
menguji untuk kondisi tertentu mengunakan Excel 2010

Mengembalikan Nilai ( Hasil Benar atau Salah )
Nilai yang Anda berikan untuk TRUE (Benar) atau FALSE (Salah)

Syntax ( Rumus dasar )
=IF (logical_test, [value_if_true], [value_if_false]) atau = IF (tes_logika, [nilai_jika_Benar], [nilai_jika_Salah])

Penjelasan
logical_test / Tes_logika– Nilai atau ekspresi logika yang dapat dievaluasi sebagai TRUE (Benar) atau FALSE(Salah).
value_if_true / Nilai_jika_Benar– [opsional] Nilai yang akan dikembalikan saat logical_test mengevaluasi ke TRUE (Benar).
value_if_false / Nilai_jika_Salah– [opsional] Nilai yang akan dikembalikan saat logical_test mengevaluasi ke FALSE (Salah).

Penggunaan Fungsi IF
IF function digunakan untuk menjalankan tes logika, dan bereaksi berbeda bergantung pada apakah hasilnya BENAR atau SALAH. Argumen pertama, tes_logika, adalah ekspresi yang mengembalikan TRUE (Benar) atau FALSE (Salah). Baik value_if_true dan value_if_false bersifat opsional, tetapi setidaknya salah satunya harus diberikan. Hasil dari IF bisa berupa nilai, referensi sel, atau bahkan rumus lain.

Pada contoh yang ditunjukkan di atas, kami ingin menetapkan “Lulus” atau “Tidak Lulus” berdasarkan skor tes. Skor kelulusan adalah 75 atau lebih tinggi atau sama dengan 75. Rumus di C2, Jika disalin, adalah :

=IF(B2 >=75; “Lulus”;”Tidak Lulus”)

Penjelasan : Jika nilai di C2 lebih besar dari atau sama dengan 75, Maka mengembalikan satu nilai untuk hasil yang BENAR “Lulus”. Jika tidak, Maka mengembalikan satu nilai untuk hasil yang Salah “Tidak Lulus”.

Baca juga :  Soal dan Pembahasan PTS Kelas 3 TEMA 1 Sub tema 1 dan 2

Alur logis rumus ini dapat dibalik. Rumus di bawah ini Kebalikan Rumus di atas namun mengembalikan hasil yang sama atau memiliki hasil yang sama sama benar :

= IF (C6 <75, “Tidak Lulus”, “Lulus”)
Penjelasan : Jika nilai di C2 kurang dari 75, Maka mengembalikan satu nilai untuk hasil yang Benar “Tidak Lulus”. Jika tidak, mengembalikan satu nilai untuk hasil yang Salah “Lulus”.

Jika Sahabat Pendidik Sudah memahami dasar Rumus IF atau Fungsi IF pada Excel saatnya kita praktek ya?

Ikuti langkah langkah berikut

Pertama sahabat pendidik tentukan dulu kriterianya lulus dan tidak lulus , misalnya lulus nilai 75 keatas atau lebih besar sama dengan 75 dan tidak lulus nilai kurang dari 75. setelah itu buka Microsoft Excel 2010. Pada Sheet 1 Buat Tabel pada A1 Nama B1 Nilai C1 Keterangan. Pada A2 sampai A11 (sesuaikan dengan kebutuhan) isi dengan Nama Siswa. Pada B2 sampai B11 (sesuaikan dengan kebutuhan) isi dengan Nilai Siswa. Pada C2 Masukkan rumusnya =IF(B2 >=75; “Lulus”;”Tidak Lulus”) . Lalu tarik rumus tanda + pada C2 sampai C11 (sesuaikan dengan kebutuhan). Untuk lebih jelas perhatikan gambar berikut :

fungsi if pada excel
fungsi if pada excel 02
fungsi if pada excel
fungsi if pada excel 03

Contoh Formula lain
Fungsi IF bisa mengembalikan rumus lain. Misalnya, rumus dibawah ini akan mengembalikan A1 * 5% jika A1 kurang dari 100, dan A1 * 7% jika A1 lebih besar dari atau sama dengan 100 :

=IF(A1<100,A1*5%,A1*7%)

Pernyataan IF bertingkat

Fungsi IF bisa “bertingkat”. “IF bertumpuk” merujuk ke rumus di mana setidaknya satu fungsi IF bertumpuk di dalam yang lain untuk menguji lebih banyak kondisi dan mengembalikan lebih banyak kemungkinan hasil. Setiap pernyataan IF harus secara hati-hati “bertingkat/bertumpuk” di dalam yang lain sehingga logikanya benar.

Misalnya, rumus berikut dapat digunakan untuk menetapkan nilai daripada hasil lulus / gagal:

=IF(B1 <64;"F";IF(B1 <73;"D";IF(B1 <85;"C";IF(B1 < 95;"B";"A"))))

Hingga 64 fungsi IF dapat bertumpuk. Namun, secara umum, Anda harus mempertimbangkan fungsi lain, seperti VLOOKUP atau HLOOKUP untuk skenario yang lebih kompleks, karena mereka dapat menangani lebih banyak kondisi dengan cara yang jauh lebih efisien.

Operator logika
Saat Anda membuat pengujian dengan IF, Anda dapat menggunakan salah satu operator logika berikut:

Contoh Makna Operator Pembanding
= sama dengan A1 = E1

lebih besar dari A1> E1
= lebih besar dari atau sama dengan A1> = E1
< kurang dari A1
<= kurang dari atau sama dengan A1 <= E1
<> tidak sama dengan A1 <> E1

Fungsi IF tidak mendukung karakter pengganti, tetapi Anda dapat menggabungkan IF dengan COUNTIF untuk mendapatkan fungsionalitas karakter pengganti dasar.

IF dengan AND, OR

Fungsi IF dapat dikombinasikan dengan fungsi AND dan fungsi OR. Misalnya, untuk mengembalikan “OK” saat A1 berada di antara 7 dan 10, Anda dapat menggunakan rumus seperti ini:

= IF (AND (A1> 7, A1 <10), “OK”, “”)
Penjelasan : jika A1 lebih besar dari 7 dan kurang dari 10, kembalikan “OK”. Jika tidak, jangan mengembalikan apa pun (“”).

Untuk mengembalikan B1 + 10 ketika A1 adalah “merah” atau “biru” Anda dapat menggunakan fungsi OR seperti ini:

= IF (OR (A1 = “red”, A1 = “blue”), B1 + 10, B1)
Penjelasan : jika A1 berwarna merah atau biru, kembalikan B1 + 10, jika tidak kembalikan B1.

Contoh fungsi IF bertingkat

if bertingkat
fungsi if bertingkat

Formula umum

=IF(T1,R1,IF(T2,R2,IF(T3,R3,IF(T4,R4,R5))))

Fungsi IF bisa bertumpuk di dalamnya sendiri untuk menangani beberapa kondisi. Dalam contoh yang diperlihatkan, rumus IF bertumpuk digunakan untuk menetapkan nilai ke suatu skor. Rumus di C2 berisi 5 fungsi IF terpisah :

=IF(B1 <64;"F";IF(B1 <73;"D";IF(B1 <85;"C";IF(B1 < 95;"B";"A"))))

Menguji lebih dari satu kondisi
Jika Anda perlu menguji lebih dari satu kondisi, lalu lakukan salah satu dari beberapa tindakan, bergantung pada hasil pengujian, salah satu opsinya adalah menyatukan beberapa pernyataan IF bersama-sama dalam satu rumus. Anda akan sering mendengar ini disebut sebagai “IF bertingkat”.

Ide penumpukan berasal dari penyematan atau “menumpuk” satu fungsi IF di dalam yang lain. Dalam contoh yang ditampilkan, kami menggunakan fungsi IF bertingkat untuk menetapkan nilai berdasarkan skor. Logika untuk memberikan nilai adalah seperti ini :

Nilai           Skor
0-63            F
64-72          D
73-84          C
85-94          B
95-100        A

Untuk membuat rumus IF bertingkat yang mencerminkan logika ini, kita mulai dengan menguji untuk melihat apakah skornya di bawah 64. Jika TRUE, kita mengembalikan “F”. Jika FALSE, kita pindah ke fungsi IF berikutnya. Kali ini, kami menguji untuk melihat apakah skornya kurang dari 73. Jika BENAR, kami mengembalikan “D”. Jika FALSE, kita pindah ke fungsi IF yang lain. Dan seterusnya.

Akhirnya, rumus yang kita miliki di sel C2 terlihat seperti ini :

=IF(B1 <64;"F";IF(B1 <73;"D";IF(B1 <85;"C";IF(B1 < 95;"B";"A"))))

Anda dapat melihat bahwa penting dalam hal ini untuk bergerak ke satu arah, baik rendah ke tinggi, atau tinggi ke rendah. Ini memungkinkan kita untuk mengembalikan hasil setiap kali tes mengembalikan TRUE, karena kita tahu bahwa tes sebelumnya mengembalikan FALSE.

Bagaimana sahabat pendidik mudah bukan cara membuat rumus Lulus dan Tidak Lulus pada excel dengan mengunakan fungsi IF dan beberapa contoh rumus IF lainnya. Demikian artikel yang dapat kami informasikan semoga bermanfaat. Terimakasih

Gravatar Image
Barangsiapa yang berangkat menimba ilmu untuk mengamalkan ilmu, niscaya ilmu yang sedikit pun akan bermanfaat baginya. Makin dalam iman dan ilmu yang kamu miliki, maka kamu akan makin merasakan kedamaian.