Asesmen Nasional Diundur Jadi September-Oktober 2021

Posted on

artikelguru.com – Salam Sejahtera bagi kita semua sahabat pendidik dan semua Pelajar dimanapun berada. Berikut kami informasikan bahwa Asesmen Nasional Diundur Jadi September-Oktober 2021 ini. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur AKM: literasi membaca dan literasi matematika (numerasi). Baik pada literasi membaca dan numerasi, kompetensi yang dinilai mencakup keterampilan berpikir logis-sistematis, keterampilan bernalar menggunakan konsep serta pengetahuan yang telah dipelajari, serta keterampilan memilah serta mengolah informasi. AKM menyajikan masalah-masalah dengan beragam konteks yang diharapkan mampu diselesaikan oleh murid menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi yang dimilikinya. AKM dimaksudkan untuk mengukur kompetensi secara mendalam, tidak sekedar penguasaan konten.

Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

asesmen nasional
asesmen nasional

Asesmen Nasional Diundur Jadi September-Oktober 2021

Karena ada situasi pandemi yang relatif meningkat, Kemendikbud memutuskan untuk menunda pelaksanaan asesmen nasional, dan target jadwal baru yaitu September dan Oktober 2021,” kata Nadiem, dalam rapat bersama Komisi X, Rabu (20/1/2021). Nadiem hadir secara virtual.

Baca juga :  2 Jenis Gagasan Pokok Dalam Suatu Paragraf

Pelaksanaan tes Asesmen Nasional (AN) akan digelar pada September-Oktober 2021. Waktu pelaksanaan ini mundur dari jadwal yang direncanakan sebelumnya, yakni Maret-Agustus 2021, karena kondisi kasus Corona relatif meningkat.

Alasan kemendikbud Menunda Asesmen Nasional

1. pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) sehingga berjalan optimal. Dengan menyesuaikan aturan protokol kesehatan.

Nadiem menjelaskan penundaan ini sekaligus untuk mempersiapkan pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) sehingga berjalan optimal. Dengan menyesuaikan aturan protokol kesehatan.

“Kenapa kita menunda, alasannya adalah untuk memastikan bahwa persiapan kita baik prokes logistik dan infrastruktur lebih optimal lagi untuk memastikan bahwa prokes itu terjaga,” ujarnya.

Asesmen ini, jelas Nadiem, akan dilakukan oleh pusat pembelajaran yang di dalamnya berisi pakar dan akademisi, baik dari nasional maupun internasional. Secara logistik, Nadiem menyebut hampir sama dengan pelaksanaan Ujian Nasional.

“Pengembangan AN ini dilaksanakan oleh pusat asesmen dan pembelajaran dan yang punya pengalaman dalam mengelola asesmen standar berskala nasional, secara logistik hampir sama seperti UN pelaksanaannya, dan pengembangan teknis AN ini dilakukan oleh berbagai macam pakar nasional dan internasional dengan latar belakang peneliti dan akademisi,” ucapnya.

Baca juga :  Pelajaran Sulit Jadi Mudah Dengan 3 Cara ini

2. Melakukan pemetaan daerah yang tertinggal

Lebih lanjut, Nadiem mengatakan pelaksanaan Asesmen Nasional (AN)di tahun 2021 ini sekaligus melakukan pemetaan daerah yang tertinggal. Jadi bantuan dapat diberikan untuk perbaikan di tahun depan.

“Kalau kita nggak laksanakan asesmen tahun ini artinya kita tidak akan bisa mengetahui mana sekolah dan daerah yang paling tertinggal. Kalau kita tidak bisa mengetahui mana sekolah dan daerah yang tertinggal kita tidak bisa membuat strategi penganggaran strategi bantuan untuk sekolah yang paling membutuhkan bantuan kita,” ujarnya.

“Inilah alasan terpenting harus ada baseline terhadap asesmen nasional di tahun 2021, dan kita bisa lihat perbandingannya di tahun 2022. Tapi paling tidak concern utama Kemendikbud adalah untuk mengetahui mana sekolah dan daerah yang paling butuh bantuan dari pemda dan pempus,” lanjut Nadiem.

Diketahui, Asesmen Nasional adalah sistem penilaian baru yang akan diterapkan di sekolah. Sistem ini berbeda dengan Ujian Nasional atau UN yang digunakan pemerintah sebelumnya untuk menilai pendidikan.

Demikian informasi Asesmen Nasional Diundur Jadi September-Oktober 2021 yang dapat kami informasikan semoga ada manfaat dan hikmanya. Silahkan di bagikan ke teman sahabat jika informasi ini ada manfaatnya mari kita berbagi informasi demi kebaikan bersama Terimakasih. Salam artikelguru.com

Baca Juga :

Semangat Belajar Hingga 200% Begini Caranya

4 kunci Sukses Yang Sering Kamu Lewatkan

Super Genius Begini Salah 1 Caranya

5 Strategi Belajar Anak Yang Tepat

 

Gravatar Image
Barangsiapa yang berangkat menimba ilmu untuk mengamalkan ilmu, niscaya ilmu yang sedikit pun akan bermanfaat baginya. Makin dalam iman dan ilmu yang kamu miliki, maka kamu akan makin merasakan kedamaian.